Batas Kadaluarsa Kosmetik

lipstik-merah

Kamu termasuk wanita yang lalai melihat tanggal kadaluarsa pada kosmetik? Berhati-hatilah, karena menggunakan kosmetik yang sudah kadaluarsa dapat mengakibatkan bermacam kerusakan pada kulit. Mulai dari bruntusan, jerawat, gatal, kurap, bahkan hingga kanker kulit bisa saja terjadi. Lantas, bagaimana mengetahui batas kadaluarsa pada kosmetik?

Cara mengetahui tanggal kadaluarsa pada kosmetik sangat mudah sekali. Perhatikan kemasan kosmetik yang kamu punya. Biasanya masa kadaluarsa terdapat di bawah kemasan. Jika terdapat tulisan 12M, itu berarti masa kadaluarsa kosmetik kamu adalah selama 12 bulan (12 month). Begitupun jika tulisannya 8M, berarti batas kadaluarsa kosmetik kamu hanya sampai 8 bulan dari saat kemasan tersebut dibuka.

Namun terkadang tidak jarang kita lupa masing-masing batas kadaluarsa dari kosmetik yang kita punya. Tulisan batas kadaluarsa di bawah kemasan pun sangat mudah memudar. Hal ini membuat kita jadi tak tahu apakah kosmetik tersebut sudah kadaluarsa atau tidak. Tenang, kita bisa tahu kosmetik tersebut telah kadaluarsa dari ciri-cirinya. Apa sajakah itu?

1. Warna

Perhatikan warna dari kosmetik tersebut. Jika bedak yang tadinya berwarna coklat muda menjadi coklat tua atau berubah menjadi lebih kehitaman, itu pertanda kalau kosmetik kamu sudah kadaluarsa.

2. Perubahan tekstur

Tekstur kosmetik yang berubah juga menandakan bahwa kosmetik tersebut sudah tidak layak digunakan. Misalnya tekstur lipstik yang tadinya padat, menjadi lebih berminyak dan mudah meleleh. Atau tekstur foundation cair yang jadi menggumpal membentuk butiran kecil.

3. Aroma

Aroma yang tak sedap saat kita membuka kosmetik, jelas menandakannya sudah kadaluarsa. Aroma tersebut disebabkan oleh kosmetik yang sudah terkontaminasi oleh bakteri. Oleh karena itu, segera buang kosmetik kamu agar bakteri tak mudah menyebar pada kosmetik lainnya.