Perawatan Kulit Wajib Sebelum dan Sesudah Olahraga

Untuk bertahan hidup di jaman modern yang penuh dengan junk food dan jam-jam yang dihabiskan duduk di depan komputer, olahraga menjadi salah satu hal yang tak bisa ditinggalkan. Olahraga teratur dapat menjaga berat badanmu tetap ideal dan membuat tubuhmu tetap sehat. Sebaiknya kamu bergabung dalam salah satu kelompok olahraga atau gym dan memastikan untuk selalu menepati jadwal olahragamu. Berolahraga tentu saja mengeluarkan banyak keringat. Walaupun keringat ini membuatmu bahagia karena itu menunjukkan bahwa tubuhmu sehat namun kamu juga harus menjaga kesehatan dan kecantikan kulitmu di saat yang bersamaan. Masalah kulit tertentu dapat timbul setelah olahraga dan cara terbaik untuk menghindarinya adalah mencegah sebelum masalah kulit tersebut muncul. Jika kamu juga mempunyai jadwal perawatan kulit rutin sebelum dan sesudah olahraga, kamu tak perlu khawatir terjadi kerusakan kulit karena olahraga. Bahkan dengan mengikuti perawatan kulit wajib sebelum dan sesudah olahraga ini, kulitmu akan mendapatkan manfaat ganda dari perawatan dan olahraga yang kamu lakukan.

Testing-The-Classic-Tee-and-Up-Do-Hijab

Menghapus Makeup

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat kamu akan memulai olahraga adalah menghapus semua makeup yang menempel di wajahmu. Makeup cenderung menyumbat pori-pori kulit wajahmu dan hal ini akan memicu munculnya komedo dan jerawat. Kamu dapat membawa tisu khusus yang dapat menghapus makeup seketika. Cukup mengusapkannya pada wajahmu, maka wajahmu akan bersih seketika. Namun, bagimu yang memiliki kulit berminyak, kamu sebaiknya menggunakan cleanser yang lebih kuat. Pastikan membersihkan wajah ini rutin kamu lakukan sebelum olahraga.

Membawa Perawatan Kulit Esensial

Kamu dapat menyiapkan kapas yang sudah direndam dalam facial toner dan menyimpannya dalam plastik sehingga dapat kamu pakai kapanpun untuk mengusap wajahmu. Karena kamu telah menyiapkan kapas untuk mengusap wajahmu, kamu harus menghindari mengusap wajahmu dari handuk atau sarung tangan kotor yang kamu pakai. Selain kapas tersebut, kamu juga sebaiknya membawa tisu basah yang mengandung anti bakteri sehingga kamu dapat mengusap peralatan olahragamu sebelum menggunakannya. Mikroba yang menempel pada peralatan olahraga dapat berpindah pada wajahmu dan menyebabkan jerawat.

Tetap Terhidrasi

Olahraga tak akan lengkap tanpa sesi cardio yang menguras tenaga. Dengan melakukan sesi cardio sangat penting bagimu untuk minum banyak air sebelum kamu memulai olahragamu. Selama olahraga tubuhmu akan dehidrasi dengan mudah karena banyaknya keringat yang dikeluarkan. Jadi pastikan untuk minum air sebelum dan sesudah olahraga.

Sunscreen untuk Olahraga Luar Ruangan

Jika kamu akan olahraga di bawah matahari, kamu sebaiknya mengaplikasikan sunscreen dalam jumlah banyak pada bagian tubuhmu yang terpapar terutama bagian wajah. Hal ini bukan sesuatu yang bisa diabaikan karena sunscreen melindungi dari sinar UV yang menyebabkan kanker kulit dan penuaan dini. Pilihlah lotion dengan SPF lebih dari 30 yang cukup bagus untuk melindungimu dari paparan sinar UV. Lotion yang kamu gunakan juga sebaiknya mengandung zinc sehigga dapat mencegah hiperpigmentasi yang menyebabkan kulitmu belang. Pastikan lotion yang kamu gunakan bersifat ringan sehingga tidak menyumpal pori-porimu.

Pelembap Sebelum Berenang

Jika kamu memilih untuk berenang, kamu harus berhati-hati dengan klorin dan bahan kimia yang digunakan pada air kolam renang. Kandungan kimia pada air kolam renang akan merusak kulitmu dan memperburuk keadaan kulitmu. Untuk mengindari ini kamu sebaiknya mengaplikasikan pelembap wajah sebelum menceburkan diri ke dalam kolam. Hal ini akan mencegahmu kehilangan kelembapan kulit saat berenang.

Membersihkan Wajah

Perawatan kulit paling penting dan mudah yang harus dilakukan setelah berolahraga adalah membersihkan wajah. Selama olahraga, kotoran dan keringat menumpuk pada wajahmu dan membersihkan wajah secara mendalam adalah ahl yang penting dilakukan untuk menghilangkannya. Pastikan pembersih wajahmu memiliki pH 5 hingga 6 dan tidak mengandung deterjen berbahaya yang dapat mengurangi kelembapan alami kulit.

Pelembap Setelah Olahraga

Kamu harus memastikan waktu yang tepat untuk mengaplikasikan pelembap pada wajahmu. Ketika metabolisme meningkat tepat setelah olahraga, kelenjar minyak akan mensekresikan minyak lebih banyak dan ini bukanlah waktu yang tepat untuk mengaplikasikan pelembap. Tunggulah sebentar hingga metabolisme tubuh kembali stabil.

Selamat berolahraga dan tetap cantik sebelum dan sesudahnya.

foto: berbagai sumber