5 Buku Hijab Favorit Versi Laiqa

Semakin banyak buku hijab yang bermunculan beberapa tahun terakhir ini. Banyak di antaranya yang membahas hijab dari sisi fashion, seperti hijab tutorial dan mix and match. Jika kamu ingin memiliki salah satunya, ada baiknya memilih buku hijab yang kaya akan informasi. Kali ini Laiqa merekomendasikan 5 buku hijab yang padat informasi tidak hanya tentang fashion, tapi juga tentang makna lain di balik hijab dan muslimah. Apa saja itu? Mari kita simak review-nya satu persatu.

1. Brain Beauty Belief by Dian Pelangi

brain-beauty-belief dian pelangi

Buku kedua Dian Pelangi ini diluncurkan pada Februari 2014. Berbeda dengan buku sebelumnya yang lebih memperlihatkan street style para muslimah, buku ini lebih membahas mengenai bagaimana menjadi muslimah yang tidak hanya cantik dari luar tapi juga bagaimana cara berperilaku yang baik.

Dimulai dengan kisah pribadi Dian Pelangi dalam pencapaian karirnya. Selanjutnya membahas mengenai pentingnya kecerdasan dalam kehidupan wanita (brain). Di sini Dian Pelangi juga berbagi tips dalam membangun karir yang berkah. Ulasan berikutnya yaitu tentang tips dan trik kecantikan untuk wanita (beauty). Tak ketinggalam pembahasan tentang belief berupa amalan-amalan untuk muslimah, bagaimana Islam memandang perempuan, juga panduan doa lengkap.

2. 99 Hijab Stories by Muhammad Assad

99 hijab stories muhammad assad

Sesuai dengan judulnya, 99 Hijab Stories ini bercerita tentang 99 perempuan dari berbagai kalangan dan profesi yang memutuskan untuk mengenakan hijab. Profesi dari ke-99 perempuan ini sangat beragam, mulai dari pejabat, artis, penyanyi, model, desainer, pramugari hingga supir trans Jakarta. Bahkan buku yang ditulis oleh Muhammad Assad ini juga menampilkan fashion gaya berhijab dari 99 wanita terpilih tersebut.

Pada bab awal, buku ini lebih membahas mengenai hubungan antara perempuan dan hijab. Terdapat pembahasan mengenai alasan klasik wanita enggan berhijab. Kisah inspiratif tentang 99 wanita ini dibagi ke dalam tiga kategori, yakni Tokoh Inspirasi, Public Figure, dan Ragam Profesi.  Beberapa di antara 99 perempuan tersebut yakni Mufida Jusuf Kalla (istri Jusuf Kalla), Nani Wijaya, Dewi Sandra, Inneke Koesherawati, Lyra Virna, Risty Tagor, Dian Pelangi, dan masih banyak lagi tokoh inspiratif lainnya.

3. Hijab Fascination by Zaskia Adya Mecca

hijab-fascination-zaskia-mecca

Begitu banyaknya muslimah yang penasaran akan gaya berhijab Zaskia Adya Mecca, ia pun akhirnya  menuangkannya dalam sebuah buku Hijab Fascination. Buku ini berisi tentang gaya padu padan sehari-hari Zaskia di segala kesempatan. Zaskia juga memberikan tips fashion berbusana muslimah dari ujung kepala hingga kaki. Baik itu padu padan busana, aksesoris, tas, hingga sepatu yang tepat. Eksklusif hijab tutorial dari Zaskia Adya Mecca pun juga terdapat dalam buku ini dan layak untuk dicoba setiap muslimah berhijab.

4. The Jilbab Traveler by Asma Nadia

jilbab-traveler-asma-nadia

Buku karya Asma Nadia ini bercerita tentang kisah 10 wanita berjilbab yang mewujudkan mimpi mereka berjalan-jalan ke 130 kota di 30 negara di dunia. Mereka membuktikan bahwa jilbab bukan penghalang untuk traveling ke Negara impian. Jilbab justru akan membuat perjalanan menjadi terasa lebih aman dan nyaman.

The Jilbab Traveler berisi tentang berbagai tips bagi muslimah berjilbab yang ingin traveling ke luar negeri. Mulai dari apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melakukan traveling, termasuk bagaimana mempersiapkan budget dan jalan-jalan hemat. Selain itu juga terdapat tips bagaimana mencari tiket, mencari penginapan, hingga hal-hal apa saja yang perlu dihindari saat traveling. Bahkan di buku ini juga tersedia kamus khusus beberapa bahasa, yakni Korea, Jerman, Belanda, Spanyol, Inggris, Rusia, serta Turki.

5. Passhion! By Ria Miranda

passhion-by-riamiranda

Jika ingin lebih mengetahui Ria Miranda secara personal, maka Passhion ini adalah jawabannya. Buku ini bercerita tentang love, passion, dan fashion Ria Miranda. Mulai dari latar belakang kampung halamannya hingga karirnya sampai saat ini. Ria juga menceritakan bagaimana dinamika bisnis di dunia fashion serta bagaimana persiapan panjang di balik sebuah pertunjukan fashion show. Di bagian akhir buku ini, Ria berbagi tips detail tentang bagaimana memulai bisnis fashion yang baik.