5 Cara Merawat Wajah Berminyak

W

Wajah yang berminyak seringkali menyebabkan kurangnya kepercayaan diri. Selain wajah yang terlihat mengkilap, wajah berminyak juga dapat memicu timbulnya komedo dan jerawat. Merawat wajah berminyak memiliki tantangan tersendiri. Namun, ada beberapa hal simple yang dapat menjadi perhatian, beberapa di antaranya diuraikan sebagai berikut.

1. Pemilihan Pembersih Wajah

Hal pertama yang menjadi perhatian dalam merawat wajah berminyak yaitu pemilihan pembersih wajah yang tepat. Pilih cleanser atau pembersih wajah yang mengandung Salicylic Acid. Kandungan ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, menyumbat pori-pori yang menimbulkan komedo, serta menghindari timbulnya jerawat. Salicylic Acid ini biasa disebut juga dengan Beta Hydroxy Acid (BHA).

Kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami dengan membuat masker strawberi. Caranya sangat mudah, kamu tinggal menghaluskan buah strawberry secukupnya, kemudian dicampur dengan sedikit perasan lemon. Strawberry sendiri merupakan sumber alami dari kandungan salicylic acid.

2. Gunakan Kertas Minyak

Sebelum mengenakan moisturizer, kamu dapat menggunakan kertas minyak terlebih dahulu untuk merawat wajah berminyak. Kertas minyak ini dapat menyerap dan mengurangi minyak yang menempel pada kulit wajah kamu.

3. Aplikasikan Sunscreen

Dalam merawat wajah berminyak, lebih baik gunakan sunscreen sebagai moisturizer sehari-hari kamu. Karena moisturizer biasa saja tidak cukup untuk membuat kulit kamu tampak lebih matte. Pilih mineral sunscreen yang mengandung micronized zinc oxide dimethicone dan titanium dioxide. Kandungan micronized zinc oxide dimethicone berguna untuk perlindungan kulit dari radiasi sinar UVA dan UVB. Sedangkan kandungan titanium dioxide berfungsi untuk memantulkan paparan sinar matahari pada kulit sehingga terhindar dari kerusakan kulit.

4. Pemilihan Bedak

Agar wajah berminyak kamu tampak lebih matte, pilih bedak tabur atau translucent powder yang kaya akan kandungan mineral. Hindari pengapikasian bedak yang terlalu sering, agar wajah kamu tidak terlihat cakey. Cukup blot wajah kamu dengan kertas minyak. Untuk aktivitas sehari-hari, pilih bedak tabur.

5. Hapus make up dengan bersih

Setelah seharian menggunakan alat-alat kosmetik, pastikan kamu tidak lupa untuk menghapusnya dengan bersih. Make up yang masih menempel dan tidak dibersihkan dengan baik dapat menimbulkan komedo serta iritasi pada wajah berminyak. Oleh karena itu, jangan pernah melewatkan rutinitas membersihkan wajah setiap harinya setelah beraktivitas seharian.