30 Ways to Get Promoted at Work

30 ways to get promoted

 

Mendapatkan promosi ataupun kenaikan jabatan dalam sebuah pekerjaan adalah impian setiap pekerja. Lain kantor, lain pula cara kerjanya agar bisa “naik kelas” dalam dunia bekerja. Kesempatan untuk bisa dipromosikan ke level pekerjaan lebih tinggi datang dengan berbagai macam usaha. Simak tips dari 3 orang narasumber yang memiliki pengaruh dalam pemberian sebuah promosi. Laiqa merangkumnya menjadi 30 cara agar kamu mudah dipromosikan ke level yang kamu inginkan.

Ummuhani Amalia (32 tahun)

Mega First Region Manager sejak 2006

  1. Kenali karakter bosmu dengan baik. Apakah bosmu termasuk orang yang senang timnya datang kantor tepat waktu? Bagi sebagai orang ini bisa jadi hal sepele. Tapi bagi saya, bekerja yang baik dimulai dengan niat dan usaha untuk datang tidak terlambat.
  2. Jangan hitungan dalam pekerjaan. Kerjakan apapun yang bisa kamu kerjakan walaupun pekerjaan itu tidak dalam job description Hasil akhir yang baik dilihat dari hasil kerja tim yang baik.
  3. Bekerja extraordinary! Pekerjaan kita harus bekerja menonjol, jangan jadi biasa biasa aja.
  4. Kreatif
  5. Good manner.
  6. Mau berdiskusi dan bertanya untuk sebuah solusi.
  7. Bekerja sampai tuntas.
  8. Tidak mudah menyerah, tidak cepat berpuas diri dan tidak banyak mengeluh
  9. Berjiwa kompetitif dan fair.
  10. Menularkan energi positif dalam tim dan selalu ingin maju.

Nani Novianty (32 tahun)

Sr. Manager Recruitment Corporate PT.Mitra Adiperkasa, tbk. (retail company) sejak 2006.

  1. Bersikap positif terhadap setiap perubahan baru yang dilakukan perusahaan. Sikap positif terhadap teman sekerja dan juga terhadap atasan. Sikap positif akan menghasilkan pribadi yang baik sehingga disaat kamu sudah berada di posisi yang tinggi maka kamu akan menjadi role model.
  2. Tunjukkan passion-mu terhadap perusahaan dan pekerjaan yang dijalankan. Bekerjalah dengan penuh semangat dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Jangan hitungan masalah jam kerja, dengan begitu perusahaan dapat menilai dedikasi kamu terhadap pekerjaan dan kesetiaan pada perusahaan.
  3. Selalu menjadi karyawan yang proaktif, menunjukkan inisiatif tinggi dan juga menunjukkan inovasi baru. Selalu terbuka untuk mengembangkan peran di perusahaan dan selalu menambah ilmu pengetahuan baru yang dapat mendukung pekerjaan dan peningkatan perusahaan. Always be person who do extra miles.
  4. Lakukan beberapa jenis pekerjaan. Tampilkan fleksibilitas sehingga kamu dapat membuktikan kalau kamu memiliki keunggulan di bidang lainnya. Selalu terbuka dalam menerima tanggung jawab di luar pekerjaan utama.
  5. Pandai bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik, sehingga peranmu diketahui banyak orang. Bangun produktivitas kerja yang efektif dan interaktif yang baik.
  6. Menunjukkan sikap pemimpin, tetapi tidak berarti arogan. Dalam hal ini berani mengambil keputusan dan bijak dalam memberikan penyelesaian masalah.
  7. Menjadi pribadi yang tenang, percaya diri dan berpikir rasional dalam segala situasi. Ini salah satu proses menjadi pribadi yang lebih dewasa.
  8. Selalu terbuka dalam menerima kritikan dan memiliki keinginan besar untuk belajar akan hal baru. Mau berbagi ilmu dengan teman kerja lainnya.
  9. Bangun hubungan baik dengan para atasan dan teman kerja yang lebih ahli untuk dijadikan guru sehingga dapat meningkatkan ilmu juga keahlian. Selain ilmu yang didapatkan juga akan menciptakan suatu kepercayaan.
  10. Jangan lupa untuk selalu bersikap profesional, jangan pernah menimbulkan problematik. Pastikan imej sosial juga baik, jangan mengeluh dan menuliskan kalimat tidak baik mengenai perusahaan di media sosial.
Baca Juga:  Resep: Es Kopyor

Indrini

Senior Brand Manager Pond’s Moisturizer. 18 tahun bekerja di PT. Unilever Indonesia Tbk.

  1. Tentukan target tahun berjalan bersama atasanmu. Target kita harus men-support target atasan kita. Jangan sampai melenceng ataupun tidak satu tujuan.
  2. Tanamkan pada diri, bahwa mencapai target adalah hal biasa. Upayakan untuk selalu achieved beyond target secara konsisten.
  3. Responsible Can DO Spirit. Memiliki mental bisa melakukan apapun dengan tindakan yang dapat dipertanggung jawabkan. Bukan sekedar asal bisa.
  4. Building relationship dengan atasan dan rekan kerja dari divisi lain pendukung pekerjaan kita. Jika kita mengalami kesulitan atau butuh bantuan, hubungan baik dengan merekalah yang bisa membantu kita.
  5. Ketika mendatangi atasan untuk meminta saran, datangnya dengan memberikan pilihan penyelesaian masalah, bukan sekedar bertanya apa dan bagaimana cara menyelesaikan masalahnya.
  6. Reliable. Jadilah pribadi yang dapat diandalkan ketika atasan membutuhkan kita untuk menyelesaikan suatu pekerjaan reguler ataupun pekerjaan dadakan.
  7. Jujur dan punya integritas. Percuma jika pintar dan handal bekerja jika tidak bisa dipercaya apalagi sampai diduga bisa menyelewengkan hal-hal berharga milik kantor.
  8. Bisa mengembangkan tim agar bisa mengerjakan pekerjaan minimal hingga sesuai target. Keberhasilan tim sama dengan prestasi kita di mata atasan.
  9. Mampu mengajak tim dari divisi lain untuk sepaham dan saling membantu dalam mengerjakan target, karena tujuan kita secara keseluruhan adalah bagian dari goal

Atasan kita pun manusia. Jadikan teman mengobrol untuk hal-hal diluar pekerjaan agar timbul hubungan baik dan rasa sebagai bagian dari keluarga.